Saturday, September 19, 2009

someone i called bestfriend

Sahabat, semua orang pasti pengen punya sahabat maupun di anggap sebagai sahabat bagi yang mereka anggap sebagai sahabat. Yaa mungkin aja kan kalau kita anggap orang itu sebagai sahabat kita, yang mengerti kita, padahal mungkin deep down in their hearts, mungkin aja kita ga dianggap sahabat sama dia. Haduh kasian yaa. Kalau sudah seperti ini, berarti mereka bukan sahabat sejati kita deh. Menyedihkan kalau lama-lama seperti itu. Nyari sahabat ga segampang nyari temen. Menurut saya, nyari sahabat ga harus punya banyak kesamaan atau kemiripan. Itu membosankan. Yaa ada lah persamaan, tapi ada juga perbedaan karena bagi saya perbedaan itu lah yang membuat saya bersemangat mendapatkan pelajaran baru dari mereka. Bagi saya, bersahabat juga merupakan tempat menimba ilmu bukan hanya menimba ilmu di bangku pendidikan. Intinya dalam bersahabat adalah mau menerima kita apa adanya, mau menghargai kita serta mau saling mengerti. Harus ada timbal balik dari keduanya atau lebih. ga mudah menemukan sahabat. Ada yang bilang, "dia itu bestfriend gw banged deh. soalnya gw uda kenal dia dari kecil dan sampai sekarang gw masi temenan sama dia". Ah ngga gitu juga ko. Nemuin sahabat ga tergantung dari seberapa lama kalian saling kenal. Yep maybe the time juga ikut andil. Tapi juga ga selamanya berpengaruh. Ya seperti 'bestfriend' gw yang ini. Gw hanya ingin mengeluarkan unek-unek.


Some people said that we were like a twins or whatever. Some people also said that we were some kind of BFF. Some people said that we were always together, if there was me, there would be her and conversely. Yeah, it was the past when we were in the same school. Now, we separate by the distances. I'm still here and she's in another town. And after that we rarely meet again.

Gw sama dia uda kenal dari SD. Dan sejak itu sampai SMA gw selalu satu sekolah sama dia. Banyak sifat dia yang uda gw tau dan begitu pula sebaliknya. Ga jarang juga kita suka berantem tapi akhirnya barengan lagi. Waktu itu, cuma dia yang gw anggap kenal gw luar dalem. Gw bukan tipe orang yang bisa blak-blakan cerita tentang apa yang gw rasa maupun apa yang gw fikirkan secara langsung. Dia tau itu. Tau banged malah. Kadang dia juga tau duluan apa yang gw rasa tanpa gw cerita lebih dahulu sama dia. Itu yang ngebuat gw nyaman sama dia. Sampai gw pernah bilang ke dia kalau dia bukan lagi sekedar sahabat buat gw, but like a sister to me.

Gw memang jarang suka cerita, even with her whom i called my bestfriend. Dia yang lebih suka cerita. Kalau dia lagi cerita, ya pastilah gw dengerin. Tapi kadang kala ada saatnya gw pengen cerita sama dia. Sayangnya ko, gw ngerasa respon yang gw dapet dari dia ga enak ya. Gw pengen didengerin tapi kadang dia malah nge-judge gw macem-macem. Mulai males deh gw. Ya sejak itu kadang gw suka nyimpen sendiri cerita-cerita yang sebenernya pengen gw share ke dia atau kadang gw share ke temen yang lain. Dia pernah suatu ketika bilang sama gw, "Gw ga pengen temenan sama yang itu-itu aja. Nanti gw ga berkembang," Oke, i appreciated what she decided. Selama dari SMP sampai SMA gw cuman sekali sekelas sama dia dan selebihnya ngga sekelas. Beda kelas ngbuat kami berdua juga punya temen yang beda. Tapi dilain sisi itu ngbuat gw punya banyak kenalan dari dia dan juga sebaliknya. Tapi kadang, gw suka merasa diacuhkan sama dia. Dia menjadi lebih sering sama teman barunya dan lebih suka hangout bareng mereka daripada gw. Pernah beberapa kali gw merasa dilupakan. Ini beneran loh. Sering gw merasa diacuhkan kalau lagi jalan bertiga dengan salah satu temannya. Instead of jalan bertiga berjejer, mereka berdua malah jalan berdua di depan gw. Karena gw merasa diacuhkan akhirnya gw pergi, tapi gw perhatiin dia ga merasa kalau dia ngacuhin gw ya. Humm.. Dengan sikapnya dia yang begitu ya mungkin gw fikir dia lagi butuh waktu untuk bersenang-senang dengan teman barunya. Okeh gw berikan waktu itu. I'd always made her some spaces. Yeah a lot maybe. But she often made it for mine.

Setelah kuliah, intensitas gw komunikasi sama dia uda mulai jarang. Sangat jarang malah. Sekalinya bertemu paling pada saat liburan semester. Kadang gw suka isi wallnya dia atau mengajak chat atau kadang cuman pengen mampir dan membaca apa yang terbaru dari dia. Tapi gw ngerasa dia jadi beda. Bukan seperti yang dulu gw kenal. Okeh, dulu emang hal yang biasa buat gw. Gw tetep berusaha menjalin hubungan pertemanan sama dia. Gw juga masih pengen sharing cerita sama dia tentang yang gw alami di kampus, juga gw masih pengen ngedengerin cerita-cerita dia. Tapi sekarang gw ga ngerasa dia seantusias dulu waktu mau cerita sama gw. Mungkin dia uda nemuin sahabat-sahabat dia yang baru disana, yang mungkin lebih baik dari gw. Beberapa waktu yang lalu, gw ngajak dia tuk ketemuan karena gw pengen cerita-cerita dan denger cerita dia serta kangen-kangenan sama dia. Tapi yang gw dapet dari dia bukan lah antusiasme seorang sahabat yang sudah lama ga ketemu sahabatnya. Dia malah nanya, apa esensi dari pertemuan kita nanti.


that's a story about someone i called bestfriend..

3 comments:

Anonymous said...

gw juga pernah ngerasa kyk gt koq des. sering, malah. (I mean, I have a best friend that I'd consider as a sister, too.) tp entah sejak kpn rasanya gw di-ignore, dilupain, dan semacemnya. sms gw ga dibales, wall ga dibales, dlldsb. sometimes I get so fed up. eh entah kenapa ujung2nya tetep aja gw ngerasa butuh dia..tapi mgkn dia udh ga butuh gw. pdhl cuma dia yg paling tau gw luar dalem (krn gw emg cm bs share everything sm dia). koq kesannya mlh jd gw bergantung sm dia gt ya? (hahaha maklum loner. I dont get to trust many people.)

anyhow, kadang2 gw coba pikir positif aja. mungkin dia emang lagi sibuk atau smcmnya. entahlah.
people say that friendship is about give and take, but more into giving. mungkin sbaiknya kita beri yg terbaik aja bwt sahabat kita.. ga usah terlalu berharap banyak. (even though it hurts, I know.) bukannya mengharap balasan, tp kdg kita jg butuh dipeduliin balik ya. tp yah.. balasannya mah bisa dtg drmn aja. intinya tetep berbuat baik aja lah ya, untuk siapapun.

hehe itu menurut gw sih. well I tend to keep everything to myself, so.. entahlah. gw jg ga bgitu tau gmn caranya 'menyadarkan' org lain. but hey that's what I think.

sori ya komen gw cemen gini hehe

noname said...

umm kalogw si emg dasarnya suka nyimpen apaapa sendiri jadi gw ga trgantung sm dia.. tapi yang gw kangenin dari dia cuman tanpa gw cerita dia uda tau apa mau gw, apa yang gw rasa..

Nindya Sani W said...

gue UDAH BACA
hahaha